Barang ekonomi

Barang ekonomi dapat dikelompokkan menjadi:
a.    Barang jadi, misalnya barang yang dihasilkan oleh manusia dengan menggunakan alat atau mesin; pabrik, industri, yang hasilnya langsung dipakai oleh manusia. Misalnya pakaian, radio, TV, sepatu, dan sebagainya. Sehingga barang itu menjadi barang konsumsi.
b.    Barang setengah jadi, yaitu barang yang dihasilkan oleh seseorang atau pabrik yang membutuhkan pengolahan lebih lanjut. Misalnya pabrik benang menghasilkan benang, pabrik kulit, getah karet, yang membutuhkan pengolahan lebih lanjut. Benang diolah lagi dengan proses penenunan menjadi kain, kain diolah lagi menjadi pakaian, kulit diolah lagi menjadi: sepatu, jaket kulit, tas kulit, sabuk kulit, dan sebagainya. Getah karet diolah menjadi ban mobil, atau keperluan lainnya.
c.    Barang modal, misalnya alat-alat perkakas, cangkul untuk petani, gergaji untuk tukang kayu, mesin-mesin untuk industri, bahan mentah, bahan pembantu, dan sebagainya.
d.    Barang illith, adalah barang yang jumlahnya berlebihan dan merugikan manusia, misalnya air banjir, angin topan, api dalam kebakaran, barang yang diproduksi secara berlebihan.

Jenis barang menurut fungsinya
a.    Barang pengganti (substitusi), yaitu benda yang dapat menggantikan pemakaian benda lain, misalnya jagung menggantikan padi, wol sintetis menggantikan wol asli, karet sintetis menggantikan karet alam, dan sebagainya.
b.    Barang komplementer, yaitu benda yang mempunyai nilai guna apabila digabungkan pemakaiannya dengan barang lain. Misalnya layang-layang dengan benang, pancing dengan kail, dan sebagainya.

Artikel terkait kategori ekonomi:
Masyarakat luar negeri
Jenis koperasi
Faktor produksi
Ilmu ekonomi, maksud ekonomi, ekonomi mikro
Pengertian akun dan penggolongan akun dalam

Incoming search terms:

  • angin yang merugikan manusia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>