Alat dan bahan untuk menggambar, melukis, dan membuat patung

Untuk menggambar
Bahan yang dipakai untuk gambar biasanya berupa kertas gambar, misalnya kertas padalarang, kertas manila, kertas dupleks. Bahan untuk warna antara lain pensil, pensil berwarna, konte, pastel, tinta, cat air, cat poster. Alat-alat yang diperlukan antara lain pena, penggaris, jangka. Pada saat sekarang komputer juga sering digunakan untuk menggambar.

Untuk melukis
Jenis lukisan bermacam-macam sehingga media untuk membuatnya juga bermacam-macam. Bahan yang dipakai untuk bidang yang dilukis misalnya kertas, kain kanvas, tripleks, hardboard tembok, dan lain-lain. Sedangkan bahan yang untuk menimbulkan bentuk obyek pada kanvas atau bidang lukis lainnya dapat berwujud cat, pastel, tinta, bulu ayam, dan lain-lain. Alat yang digunakan untuk melukis dengan cat yaitu kuas dan palet. Kuas untuk tinta dan cat air bertangkai pendek dan bulunya lemas, sedangkan kuas cat minyak bertangkai panjang dan bulunya agak kaku. Palet digunakan untuk mencampur cat. Untuk melukis dengan kanvas biasanya digunakan sandaran berkaki tiga yang disebut easel.

Untuk membuat patung
Bahan yang dapat dibuat patung beraneka ragam jenisnya. Ada yang bersifat lunak misalnya plastisin, tanah liat, semen. Ada pula yang bersifat keras misalnya kayu, batu, marmer, es. Di samping itu, ada juga bahan yang pada waktu dibentuk berwujud cair, misalnya perunggu, fiberglass, porselin. Alat yang dipakai untuk membuat bentuk patung tergantung dari bahannya. Untuk bahan lunak dipakai sudip atau alat butsir, bahan keras dengan pisau atau pahat, bahan cair dengan alat cetak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>