Makhluk hidup

Jika kita perhatikan lingkungan di sekitar kita, banyak dijumpai beraneka ragam jenis tumbuhan dan hewan. Ada tumbuhan berkayu dan tidak berkayu, ada yang berbiji dan tidak berbiji, ada yang berukuran kecil dan ada yang besar serta masih banyak lagi jenisnya. Demikian juga dengan hewan, ada yang bertelur, ada yang beranak, pemakan tumbuhan atau pemakan daging, hidup di darat atau di air, dan sebagainya. Tumbuhan, hewan dan manusia merupakan makhluk hidup. Sedangkan makhluk tak hidup atau benda mati, misalnya tanah, air, udara, batu, dan lain-lain.

Tempat dimana makhluk hidup berada untuk melangsungkan kehidupannya disebut habitat. Misalnya habitat harimau adalah hutan. Setiap individu makhluk hidup memerlukan makhluk hidup yang lain, dan komponen tak hidup dari lingkungannya. Kumpulan individu makhluk hidup dengan lingkungannya akan membentuk:
a.    Populasi, yaitu kumpulan makhluk hidup sejenis yang menempati suatu habitat. Misalnya populasi ikan di kolam
b.    Komunitas, yaitu kumpulan makhluk hidup berbagai jenis yang menempati suatu habitat. Misalnya komunitas hutan, komunitas sawah. Suatu komunitas akan terganggu jika ada anggotanya yang dimusnahkan.

Artikel terkait kategori biologi:
Dasar kultur jaringan dan susunan jaringan
Jaringan epitelium, jaringan ikat, jaringan tulang
Vitamin yang larut dalam air

sepatu pria murah sepatu wanita murah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>