Pengertian adaptasi makhluk hidup

Makhluk hidup mempunyai kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya dalam usaha mempertahankan hidupnya. Penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungannya itu disebut adaptasi. Makhluk hidup yang tidak dapat beradaptasi dengan lingkungannya akan terancam kelangsungan hidupnya, sedangkan makhluk hidup yang telah beradaptasi sukar untuk dipindahkan ke lingkungan lain. Setiap makhluk hidup mempunyai perbedaan dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Perbedaan itu disebabkan oleh hal-hal sebagai berikut:
a.    Penyesuaian diri dengan alam lingkungannya (tempat hidupnya). Misalnya penyesuaian diri terhadap hutan padang rumput, air, udara dan sebagainya.
b.    Penyesuaian diri dengan bahan makanannya. Misalnya penyesuaian diri oleh pemakan daging, pemakan biji-bijian, pemakan buah-buahan, serta pemakan daging dan tumbuhan. Hewan pemakan tumbuhan disebut herbivora, pemakan daging disebut karnivora, dan pemakan tumbuhan maupun daging disebut omnivora.

Artikel terkait kategori pengertian-pengertian:
Pengertian dan kelas kemampuan lahan
Pengertian vulkanisme, intrusi dan ekstrusi magma
Pengertian suhu udara
Pengertian vulkanisme, magma, dan gunung api
Pengertian Molekul DNA dan Replikasi DNA

Incoming search terms:

  • bunyi ketipung ditimbulkan oleh getaran getaran?
  • bunyi ketipung ditimbulkan oleh getaran
  • buah buahan adalah makhluk hidupnya
  • bunyi ketipung di timbulkan oleh getaran
  • bunyi ketipung ditimbulkan getaran
sepatu pria murah sepatu wanita murah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>