Zaman Megalitikum

Pada zaman Megalitikum ini manusia sudah mengenal kepercayaan. Walaupun kepercayaan mereka masih dalam tingkat awal, yaitu kepercayaan terhadap roh nenek moyang. Kepercayaan ini muncul karena pengetahuan manusia sudah mulai meningkat. Manusia mulai percaya bahwa orang yang meninggal, rohnya akan pergi ke suatu tempat dan sewaktu-waktu roh itu dapat dipanggil untuk memberikan pertolongan.

Peninggalan-peninggalan zaman Megalitikum banyak ditemukan di wilayah Indonesia, terutama pada daerah Jawa, Sumatera, dan Bali. Peninggalan kebudayaan pada zaman Megalitikum di Sumatera terdapat di dataran tinggi Pasemah. Penyelidikan di Pasemah ini dilakukan oleh Dr. van der Hoop dan van Heine Geldern.

Peninggalan zaman Megalitikum di daerah Jawa terdapat di daerah Besuki. Peninggalan-peninggalan ini berupa kuburan yang oleh penduduk setempat disebut pandhusa (dolmen yang berisi kubur batu di bawahnya). Kebudayaan zaman Megalitikum ditemukan di daerah Wonosari (Yogyakarta), Cupu, dan Cirebon. Pada daerah ini ditemukan kubur-kubur batu yang berisi kerangka manusia, alat-alat perunggu dan besi, dan manik-manik. Di daerah Bali juga ditemukan sarkofagus yang menyerupai peti-peti dari Besuki dan isinya adalah tulang-belulang manusia, barang-barang perunggu, besi, dan manik-manik. Benda-benda peninggalan zaman Megalitikum hampir dapat ditemukan di seluruh wilayah Indonesia.

Artikel terkait kategori sejarah:
Masuknya Bangsa Arya dan Terbentuknya Masyarakat
Peradaban Lembah Sungai Indus
Peradaban Lembah Sungai Indus dan India Kuno
Peranan Sungai pada masa lampau
Penyerahan Makao

Incoming search terms:

  • teori megalitikum
  • peninggalan dari zaman megalitikum di Indonesia terutama ditemukan pada daerah?
sepatu pria murah sepatu wanita murah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>