Neraca saldo setelah penutupan buku dan jurnal pembalik

Neraca saldo setelah penutupan buku (after closing trial balance)
Setelah dibuat ayat jurnal penutup dan postingnya, tahap berikutnya dalam siklus akuntansi adalah menyusun neraca saldo setelah penutupan. Neraca saldo setelah penutupan buku adalah suatu daftar yang berisi saldo-saldo rekening buku besar setelah perusahaan melakukan penutupan buku, tujuannya supaya aktiva atau harta, kewajiban atau utang, dan modal selalu dalam keadaan seimbang, sebelum perusahaan memulai pencatatan pada tahun atau periode berikutnya.

Jurnal pembalik (reversing entry)
Tujuan penyusunan jurnal pembalik hanyalah sekedar untuk menyederhanakan pembuatan jurnal yang bersangkutan dengan periode akuntansi berikutnya.
Jurnal pembalik adalah jurnal kebalikan dari jurnal penyesuaian yang dilakukan pada awal periode berikutnya. Jurnal penyesuaian yang dilakukan penyusunan jurnal pembalik antara lain sebagai berikut:
1)    Persekot beban atau beban yang dibayar di muka, jika pada saat pembayaran dicatat sebagai: “beban/biaya”. Apabila saat pembayaran dicatat sebagai “harta” maka jurnal pembalik tidak ada.
2)    Pendapatan diterima di muka atau utang pendapatan, jika saat menerima dicatat sebagai “pendapatan”. Apabila saat penerimaan dicatat sebagai “utang/kewajiban” maka jurnal pembalik tidak ada.
3)    Beban yang akan dibayar atau utang beban.
4)    Pendapatan yang akan diterima atau piutang pendapatan.

Incoming search terms:

  • neraca saldo penutupan
  • neraca sisa atau saldo setelah penutupan
  • pengertian neraca saldo setelah penutupan
  • Menyusun daftar saldo setelah penutup
  • neraca saldo setelah penutupan
  • pengertian neraca saldo setelah penutup
  • pengertian neraca sisa / saldo setelah penutupan
sepatu pria murah sepatu wanita murah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>