Iklim laut dan iklim darat

Iklim laut merupakan iklim yang dipengaruhi oleh permukaan air yang luas, memiliki sifat relatif berawan, basah, banyak hujan, dan amplitudo temperatur harian dan tahunan yang sedang. Iklim laut dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut:
a)    Di daerah tropis dan subtropis sampai garis lintang 40 derajat. Ciri-cirinya antara lain suhu rata-rata tahunan rendah, amplitudo suhu harian rendah, dan banyak awan serta sering turun hujan lebat yang disertai badai.
b)    Di daerah sedang. Ciri-cirinya antara lain amplitudo suhu harian dan tahunan yang kecil, banyak awan dan hujan rintik-rintik, dan pergantian antara panas dan dingin terjadi tidak secara mendadak.

Iklim darat merupakan iklim yang dipengaruhi oleh daratan yang luas, memiliki sifat relatif tidak berawan, hujan sedikit, dan mempunyai amplitudo temperatur harian dan tahunan yang besar. Iklim darat dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut:
a)    Di daerah tropis dan subtropis sampai lintang 40 derajat. Ciri-cirinya antara lain amplitudo suhu harian yang sangat besar dan amplitudo suhu tahunan yang kecil serta curah hujan yang sedikit.
b)    Di daerah sedang. Ciri-cirinya antara lain amplitudo suhu tahunan besar, suhu rata-rata pada musim panas cukup tinggi dan rendah pada musim dingin serta curah hujan sangat sedikit yang jatuh pada musim panas.

Artikel terkait kategori geografi
Padang rumput, gurun, tundra, hutan basah
Degradasi Lahan dan Dampaknya Terhadap Kehidupan
Tekanan udara, angin, awan, dan curah hujan

Incoming search terms:

  • arti iklim laut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>