Sistem pernapasan reptil, ikan, burung, amfibi, serangga, dan protozoa

Reptil bernapas dengan menggunakan paru-paru. Jadi penyerapan oksigen oleh darah terjadi di dalam paru-paru.

Ikan bernapas dengan menggunakan insang dan hidup di air. Dengan demikian sistem pernapasan ikan yang menggunakan insang itu mengambil oksigen yaitu dengan berdifusi ke dalam kapiler-kapiler darah. Sedangkan untuk beberapa jenis ikan yang biasa hidup di rawa-rawa, maka akan kesulitan untuk mendapatkan oksigen dari insangnya, sehingga ikan yang hidup di rawa-rawa sering muncul ke permukaan untuk mengambil udara untuk mengisi labirin. Labirin merupakan rongga udara yang berada di atas insang yang terdiri atas lipatan-lipatan dan tidak teratur.

Dengan menggunakan paru-paru dan pundi-pundi udara burung bernapas dan penyerapan oksigen oleh darah yang berlangsung hanya dengan paru-paru. Sedangkan pundi-pundi udara itu merupakan tempat yang dipakai untuk menyimpan persediaan udara.

Sistem pernapasan pada amfibi atau katak, selain lewat paru-paru oksigen juga bisa melalui kulitnya dan selaput rongga mulut.

Serangga bernapas dengan menggunakan sistem trachea, yaitu oksigen tidak diedarkan melalui darah. Tetapi sepanjang kedua sisi tubuh ada lubang-lubang sebagai tempat untuk keluar masuk udara atau dinamakan stigma. Stigma merupakan tempat bermuaranya pembuluh-pembuluh trachea yang mempunyai bentuk bercabang-cabang ke seluruh bagian tubuhnya. Sedangkan pernapasan serangga sering dinamakan pernapasan aktif, sebab udara yang keluar masuk melalui trachea dengan menggunakan gerakan otot secara teratur.

Protozoa tidak mempunyai alat pernapasan khusus karena merupakan hewan yang bersel satu atau satu sel. Sedangkan oksigen dapat masuk melalui seluruh permukaan tubuh secara difusi.

Artikel terkait kategori biologi:
Lidah, hidung, dan kulit sebagai alat indera
Ginjal
Hubungan timbal balik komponen biotik dengan abiotik

sepatu pria murah sepatu wanita murah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>