Pengertian persamaan akuntansi

Akuntansi membantu suatu perusahaan dalam memberikan informasi keuangan pada satu periode waktu. Pencatatan yang sistematis pada akuntansi akan membentuk suatu persamaan. Artinya, pada satu sisi mencatat kekayaan, sementara sisi lain mencatat kewajiban dan modal. Kedua sisi harus memiliki jumlah yang sama atau seimbang. Pencatatan dalam persamaan akuntansi ini didasarkan pada transaksi yang telah terjadi. Transaksi tersebut akan memengaruhi harta, utang, dan modal sehingga membentuk satu persamaan.

Persamaan akuntansi terbentuk dengan mempertimbangkan keseimbangan antara harta, utang, dan modal. Harta atau aktiva merupakan kekayaan yang dimiliki perusahaan, sementara pasiva merupakan hak atas kekayaan perusahaan. Pada awal berdirinya, persamaan akuntansi suatu perusahaan adalah HARTA (AKTIVA) = MODAL PEMILIK (PASIVA).

Secara umum, harta perusahaan bisa berasal dari pemilik perusahaan maupun pihak lain. Harta dan pemilik disebut modal, sementara harta dari pihak lain merupakan pinjaman atau utang. Dengan demikian persamaan akuntansi dicatat sebagai berikut:

HARTA = UTANG + MODAL.

Transaksi yang terjadi pada suatu perusahaan akan memengaruhi komposisi persamaan akuntansi. Akan tetapi, pengaruhnya tidak selalu mengubah akun-akun yang terdapat pada persamaan akuntansi. Perubahan yang terjadi biasanya memengaruhi dua akun dalam persamaan akuntansi.

Artikel terkait kategori pengertian-pengertian:
Pengertian desa dan penggunaan lahan pedesaan
Pengertian kota dan penggunaan lahan perkotaan
Pengertian globe
Pengertian atlas
Pengertian peta

Incoming search terms:

  • arti dari seimbang dalam akuntansi
  • pengertian dari pesmaan akuntansi
  • pengertian persamaan akuntansi
sepatu pria murah sepatu wanita murah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>