Paham liberalisme

Bagaimana hubungan paham liberalisme dengan munculnya ideologi nasionalisme? Ketika perkembangan paham liberalisme telah meluas ke seluruh dunia (abad XIX), pada saat itu negara-negara kawasan Asia dan Afrika sedang mengalami penjajahan yang dilakukan kaum kolonialis, yaitu Inggris, Belanda, Spanyol, Amerika Serikat, Jepang, Jerman, dan Italia. Dengan berkembangnya paham liberalisme, negara-negara jajahan menjadi lebih berani memperjuangkan hak-haknya.

Salah satu dampak paham liberalisme yang dirasakan bangsa Indonesia adalah dilaksanakannya Politik Etis yang diperjuangkan oleh golongan liberal dalam parlemen Belanda. Dengan diterapkannya kebijaksanaan itu, bangsa Indonesia menjadi kenal sekolah (edukasi) sehingga lahirlah golongan cendekiawan. Di Indonesia golongan inilah yang berperan besar dalam gerakan kesadaran kebangsaan. Mereka menjadi motor penggerak berdirinya partai-partai politik dan sekolah-sekolah dalam upayanya memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Artikel terkait kategori sejarah:
Kepercayaan masyarakat Yunani kuno
Peradaban Romawi
Hubungan antara budaya Yunani kuno dengan Romawi
Kampanye politik Kertanegara
Peranan pelayaran dan perdagangan antar pulau

Incoming search terms:

  • liberalisme jepang
sepatu pria murah sepatu wanita murah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>