Senam ritmik

Senam ritmik disebut juga senam irama karena seluruh gerakannya harus sesuai dengan irama yang mengiringinya. Senam ritmik pada pesta olahraga juga dilombakan, baik dengan menggunakan alat maupun tanpa alat. Tinggi rendahnya tingkat kesulitan gerakan merupakan kontribusi untuk mendapatkan nilai paling besar.
Senam ritmik dapat dikategorikan menjadi dua macam, yaitu:
a.    Senam ritmik tanpa alat.
b.    Senam ritmik menggunakan alat (gada, tongkat, bola, simpai, tali, selendang).

Dasar-dasar senam ritmik
Gerakan dasar yang harus dikuasai dalam senam ritmik (baik dengan alat maupun tanpa alat) adalah sebagai berikut:
a.    Langkah. Yang dimaksud langkah adalah berpindahnya salah satu kaki belakang ke depan kaki yang lainnya dengan berbagai variasi. Macam-macam langkah yaitu:
–    langkah biasa
–    langkah keseimbangan
–    langkah ke depan
–    langkah tiga
–    langkah lingkar
–    langkah menyamping
–    langkah silang
–    langkah ganti
–    langkah pantul
–    langkah rapat.

b.    Loncat. Loncat adalah gerakan melangkah disertai tolakan kaki sehingga ada saat badan melayang di udara, mendarat dengan salah satu kaki disusul dengan kaki yang lainnya. Macam-macam loncat adalah:
–    loncat biasa
–    loncat kuda
–    loncat pantul
–    loncat silang
–    variasi ke samping, ke depan, dan ke belakang.

c.    Sikap badan adalah ketika gerakan berhenti baik untuk pergantian gerak kombinasi maupun gerak akhir dengan selesainya suatu irama.
d.    Step adalah melangkah dengan tanpa mengubah posisi kaki, artinya kaki depan setelah mendarat tetap di depan dan mendaratnya dengan satu kaki disusul kaki yang lainnya.
e.    Ayunan lengan adalah satu maupun dua lengan dapat digerakkan dengan berbagai variasi.
f.    Pilinan adalah memutar badan ke arah kanan atau kiri dengan bertumpu pada satu kaki.
g.    Liukan adalah gerakan menggeliat seakan bergelombang dengan gerakan pinggul lebih aktif.
h.    Putaran badan adalah berpindahnya salah satu kaki yang diikuti kaki lainnya ke arah melingkar ke kanan dan ke kiri.

 

4 thoughts on “Senam ritmik”

  1. selamat siang admin. . klo untuk mendapatkan hasil yg maksimal dari senam irama ini sebaiknya dilakukan berapa hari sekali ya. .dan klo untuk beli baju senam body image yang bagus itu dimana y? di tunggu infonya ya? makasih moga makin sukses

  2. Salam kenal buat admin. . klo untuk mendapatkan hasil yg maksimal dari senam irama ini sebaiknya dilakukan berapa hari sekali ya. .dan klo untuk beli baju senam body image yang bagus itu dimana y? di tunggu infonya ya? makasih moga makin sukses

  3. salam kenal :)
    utk senam ritmik ini mulai populer di indonesia dri kapan yah ?? apkh dri awalny jga sdh mmkai baju senam sperti skrg ini ?? n btw klo mau bli baju senam sport plus dmna yah ??
    mksih, salam sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *