Teori fasisme

Fasisme berasal dari kata Fascio yang artinya kelompok. Kelompok ini menamakan dirinya Fascio de Combattimento yang artinya Barisan-barisan Tempur. Menurut paham fasis negara bukan ciptaan rakyat, melainkan ciptaan orang kuat. Bila orang kuat sudah membentuk organisasi negara, maka negara wajib menggembleng, dan mengisi jiwa rakyat secara totaliter, diktatorial, dan nasionalistis.

Dalam undang-undang dasar negara fasis, harus diciptakan suatu kesatuan kehendak di lapangan kesusilaan, politik, dan ekonomi. Rakyat harus memiliki ideologi negara sedalam-dalamnya untuk menjelma sebagai bangsa fasis. Pemimpin negaralah yang menentukan tujuan negara serta mengendalikan cita-cita dan tujuan negara secara sentralistis. Tujuan negara fasis adalah “imperium dunia”. Si pemimpin bercita-cita untuk mempersatukan semua bangsa di dunia menjadi satu tenaga atau kekuatan bersama.

Beberapa negara di dunia yang pernah menganut fasisme antara lain Italia semasa Benito Mussolini, Jerman semasa Adolf Hitler, dan Jepang semasa pra-Perang Dunia II di bawah kekuasaan Tenno Heika.

Incoming search terms:

  • Teori fasisme
  • tujuan fasisme
sepatu pria murah sepatu wanita murah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>