Pengertian nilai kehidupan

Selama hidupnya, seorang manusia berusaha mencari sesuatu yang dianggapnya berharga dan bermanfaat bagi kehidupannya. Sesuatu yang dicari oleh manusia itu kemudian disebut dengan nilai kehidupan.

Ada banyak macam nilai kehidupan. Agama yang dianut oleh manusia juga dikategorikan sebagai suatu jenis nilai kehidupan, atau lebih tepatnya sistem nilai kehidupan, karena agama mengajarkan berbagai jenis nilai. Kesusilaan, keadilan, kejujuran, kekuasaan, dan kesejahteraan adalah di antara contoh nilai kehidupan. Nilai-nilai yang dicari oleh manusia dalam perjalanannya menjadi nilai-nilai kolektif (bersama), ketika sekelompok manusia berkumpul membentuk kelompok sosial. Anggota kelompok sosial tersebut menyatakan dirinya sebagai bagian dari kelompok dengan menerima dan mempraktekkan nilai-nilai kelompoknya. Nilai-nilai tersebut kemudian dengan sengaja diwariskan dari generasi ke generasi.

Konsekuensinya, ketika kita berada dalam sebuah kelompok sosial (keluarga, sekolah, masyarakat) kita seolah-olah dituntut untuk menyadari, menerima, menghayati, dan bertindak sesuai dengan nilai-nilai sosial, dan kemudian mengadopsinya untuk dijadikan sebagai nilai-nilai pribadi. Karena nilai-nilai ini ada dan terus berproses selama hidup manusia, maka nilai-nilai tersebut disebut sebagai nilai kehidupan.

Dengan demikian, nilai kehidupan yang dianut oleh seseorang terdiri atas nilai pribadi dan nilai sosial. Manusia merasa tenteram ketika ia merasa bahwa apa yang ia jalani mengandung atau sejalan dengan nilai hidupnya.

Artikel terkait kategori pengertian-pengertian:
Pengertian dinamika kelompok sosial
Pengertian kelompok nyata
Pengertian kelompok semu
Definisi kelompok sosial
Pengertian pasar tradisional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>