Kategori nilai kehidupan dan aspek nilai kehidupan

Ketika seseorang memilih nilai kehidupannya, ada tiga kategori yang harus ia tunjukkan, yang menyatakan bahwa ia mengadopsi suatu nilai, yaitu: memilih, menghargai, dan bertindak. Ketiga kategori itu bisa dikembangkan menjadi tujuh aspek nilai, yaitu sebagai berikut:
a.    Memilih dengan bebas. Nilai kehidupan menuntut adanya kebebasan dari bentuk tekanan, tidak adanya paksaan dari lingkungan hidup seseorang, berdasarkan pada keyakinan diri sendiri, dan kerelaan untuk memilih nilai kehidupan.
b.    Memilih dengan bebas dari berbagai alternatif nilai kehidupan. Ketika seseorang memilih untuk menganut suatu nilai, ia akan dihadapkan pada lebih dari satu alternatif pilihan nilai kehidupan. Ia bebas untuk memilih nilai kehidupan yang mana yang ia sukai.
c.    Memilih dengan bebas dari berbagai alternatif dengan mempertimbangkan akibat dari masing-masing alternatif. Ketika seseorang memilih untuk menganut suatu nilai, ia harus memperhitungkan resiko atau konsekuensi atau akibat dari pemilihan nilai kehidupan itu, dan tahu yang akan terjadi karena pilihannya itu.
d.    Setelah memilih suatu nilai kehidupan, seseorang harus menghargai dan merasa senang dengan pilihannya itu. Nilai yang ia pilih adalah sesuatu yang dipandang positif. Untuk itu, nilai itu harus dihargai, dihormati, dan dipelihara. Nilai itu membuat orang yang memilihnya merasa bahagia.
e.    Setelah memilih suatu nilai kehidupan, seseorang hendaknya bersedia mengakui, menjunjung tinggi, dan menegaskan pilihannya itu di depan masyarakat umum.
f.    Setelah memilih suatu nilai kehidupan, seseorang seharusnya bertindak dan berperilaku sesuai dengan pilihan nilainya itu. Nilai itu memberi arah pada kehidupannya. Bobot nilai itu dapat diukur dengan banyaknya waktu, tenaga, dan harta yang dikorbankan demi nilai yang diyakininya.
g.    Seseorang yang memilih suatu nilai kehidupan akan bertindak sesuai dengan pilihannya itu sehingga nilai kehidupan tersebut akan menjadi suatu pola kehidupan. Orang yang menghargai nilai kejujuran akan selalu berusaha untuk jujur. Oleh karena itu, kejujuran akan menjadi kebiasaan hidupnya.

Incoming search terms:

  • kategori dan aspek nilai kehidupan
  • aspek nilai
  • aspek nilai kehidupan
  • kategori nilai kehidupan
sepatu pria murah sepatu wanita murah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>